Kamu Insomnia? Baca Cara Mengatasinya Dengan

Cara Mengatasi Insomnia  - Insomnia adalah suatu kesulitan untuk tidur teratur atau sulit tidur pada waktunya.Ini sering terjadi pada kita yang sering tidur larut malam.Jam waktu tidur normal biasanya adalah jam 07.00-09.00 waktu setempat.

Kamu Insomnia? Baca Cara Mengatasinya Dengan

Biasanya pada penyakit insomnia kita baru bisa tidur sekitar jam 12.00-02.00.Mengapa ini bisa terjadi ? itu terjadi karena dari aktifitas atau pekerjaan yang kita lakukan biasanya baik disiang dan malam hari.Tentunya imsonia merupakan gejala sulit tidur yang sangat merugikan kesehatan kita sendiri tentunya.

Penyakit insomnia ini memang sebenarnya sangat mengganggu kesehatan tubuh karena salah satunya penyakit akan mudah masuk kedalam tubuh. Beberapa gejala dari terkena insomnia adalah kurang darah,muka pucat,murah lemas,badan kurus dan penyakit lainnya. 

Cara Mengatasi Insomnia 

Insomnia jangan disepelekan karena jika berlarut-larut dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bagaimanakah cara mengatasi insomnia ini ? Berikut beberapa solusi yang dapat membantu mengurangi insomnia tersebut :

1.Usahakan tidur teratur

Tidur teratur sangat membantu tubuh untuk melakukan istirahat secara total.Karena sebenarnya tubuh butuh waktu istirahat untuk mengembalikan energi yang telah kita pakai.Tidur teratur memang harus dilakukan secara perlahan dan pasti.Tidak ada kata tidak bisa untuk tidur secara teratur,karena memang kesehatan sangat diperlukan.Dan biasanya kalau sudah sakit parah maka kesehatan adalah segalanya.

Memang diakui bagi yang terkena insomnia akan sulit untuk melakukan usaha tidur teratur.Karena memang ini kuncinya teratur dan tepat waktunya.Keteraturan tidur ini maksudnya tidur dimalam hari dimulai antara pukul 07.00-09.00 malam.Kalau ini diusahakan maka pastilah insomnia tersebut akan berkurang.Melakukan tidur secara terarut membantu tubuh tetap fit kembali.

2.Olah raga secara Teratur dan Optimal

Olah raga sangat membantu tubuh lebih aktif bergerak,gerakan ini membuat semua otot-otot dan syaraf tubuh lebih bergerak dan sistem peredaran darah lebih lancar berjalan.Sehingga peredaran dalam syarat lebih berjalan lancar.Setelah ini dilakukan secara terartur maka secara otomatis insomnia akan berkurang secara maksimal.

3.Jangan Kerja Terlalu Berat

Pekerjaan yang dilakukan secara berat akan mengalami gangguan pada sistem tidur anda.Karena pikiran yang berat membuat aktifitas untuk tidur terganggu akibatnya tidur anda menjadi tidak sehat.

Biasanya pekerjaan yang dilakukan berat dikategorikan seperti memaksa pekerjaan untuk diselesaikan, mengerjakan pekerjaan hingga larut malam, terlalu berat pikiran terhadap pekerjaan.Ini tentunya sangat berpengaruh besar terhadap insomnia.

Maka dari itu usahakan mengatur waktu pekerjaan dengan istirahat agar cara hidup sehat tetap terjaga.Dan juga maksimalkan istirahat pada waktunya sehingga insomnia tidak akan mengganggu tidur anda.Dan biasanya kerja yang terlalu berat ini dapat membuat anda tidur hingga larut malam dan inilah menjadi timbulnya insomnia tersebut.

Oleh karena itu maksimalkan waktu istirahat anda dengan baik sesuai waktunya,waktu istirahat itu dimulai dari tidur yang teratur serta aktifitas yang teratur.

4.Kurangi Menonton TV Terlalu Lama

Menonton TV menjadi salah satu penyebab insomnia,karena menonton TV dapat membuat mata tidak terasa lelahnya ,biasanya kalau kita sudah asyik menonton TV maka mata kita tidak akan terasa lelahnya karena keasyikan dari menonton TV itu tadi,apalagi kalau itu acara kesukaan anda.

Maka mata yang lelah dan selalu anda paksa untuk menonton TV tersebut,ini bisa mengakibatkan insomnia itu terjadi. Apalagi kalau menonton TV hingga larut malam hingga sampai jam 12 malam,maka penyakit insomnia itu bisa terjadi pada kita.

Maka dari itu kurangi menonton TV hingga larut malam karena insomnia mudah menyerang pada aktifitas ini.Untuk itu menonton TV aturlah waktunya agar cara hidup tetap selalu sehat.

5.Jangan Begadang

Begadang merupakan kegiatan menunda tidur dimalam hari.Ada banyak alasan orang begadang mulai dari sibuk ngejar target pada tugas atau pekerjaan maupun begadang karena menonton bola.Tapi yang paling sering orang lakukan dengan begadang adalah karena adanya siaran sepakbola yang yang biasanya dimulai jam-jam subuh yaitu sekitar 02.00 pagi hingga -03.00 pagi.

Tentunya inilah yang menjadi penyebab insomnia itu sendiri.Untuk itu kurangilah begadang,karena begadang mengurangi kesehatan.Oleh karena itu maksimalkanlah aktifitas untuk hidup sehat.Karena kesehatan melebih segalanya.

Penutup

Mungkin ini yang bisa dijelaskan dari cara mengatasi insomnia.Semoga artikel ini dapat mengurangi insomnia kita yang mengalaminya.Bagi anda atau teman-teman yang mempunyai masukan dan saran cara lain mengatasi insomnia bisa memberikan masukan atau tanggapannya melalui kolom komentar dibawah ini.

Karena masukan dan saran anda atau teman-teman sangat membantu teman-teman yang mengalami masalah insomnia tentunya,untuk itu semoga artikel dapat membantu dari masalah insomnia diatas tadi.

Sudah menerbitkan beragam artikel di situs web berita dan sudah berpengalaman sejak 2020.
© Wacasik. All rights reserved. Developed by Wacasik